TINGKATKAN WAWASAN METODOLOGI BAGI DOSEN MUDA, LPPM UNITRI GELAR WEBINAR

MALANG –  Dalam rangka meningkatkan kapasitas atau kemampuan calon pengusul penelitian Hibah Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang serta meningkatkan pengetahuan metodologi penelitian bagi dosen muda UNITRI, Lembaga Penelitian dan pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNITRI mengadakan kegiatan webinar metodologi Penelitian Bagi Dosen Muda, Senin (27/12). Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini diikuti oleh sebanyak 113 dosen UNITRI maupun luar dan dihadiri oleh sekitar 41 pengusul.

Kepala Bagian Penelitian LPPM, Dr. Ir. Sri Umi Lestari, MP menjelaskan, dalam kegiatan tersebut, disampaikan dua topik pembahasan menarik seputar metodologi penelitian.

“Pemateri yang kami hadirkan diantaranya Dr. Ir Eko Marhaeniyanto. MP yang memberikan materi terkait metodologi penelitian, dan kedua yakni dari Dr. Ir. KGS Ahmadi, MP yang memberikan materi tentang bagaimana pengukuran kesiapterapan teknologi atau TKT-nya.”

Sementara itu, Kepala LPPM Unitri, Dr Asnah. SP., MP menjabarkan saat ini terdapat dua kegiatan hibah internal UNITRI yakni hibah Penelitian dosen muda internal dan hibah Pengabdian kepada Masyarakat. Terkait hibah penelitian dosen muda internal, kegiatan ini juga berkaitan dengan pembekalan dosen muda agar ketercapaian dari proposal dapat sesuai dengan target. Selain itu, Beliau berharap dana yang ada juga dapat terserap dengan baik sesuai dengan kuantitas dan kualitas penelitian yang ada.

“Kita ada seleksi, juga ada target. Jadi target kita semua dananya terserap karena ada peningkatan dana dari tahun lalu.”

Seperti diketahui, di tahun sebelumnya, dana penelitian hanya sekitar 133 Juta rupiah. Tetapi tahun ini, dana yang ditargetkan mencapai Rp. 200 Juta sehingga diharapkan dalam dua periode Semester genap dan ganjil, dana dapat diserap pada pelaksanaan KKN dan satu periode ada dalam penelitian. Dengan adanya peningkatkan kuantitas ini, tentu diharapkan kualitas juga dapat ditingkatkan lebih baik lagi.

“Tentunya kita berharap kualitasnya meningkat. Sehingga,  harapannya ada seleksi. Juga dengan adanya workshop ini, ada reviewer nanti itu berfungsi untuk mendampingi benar yang baik seperti apa. Yang akan dilakukan setelah ini ada sosialisasi panduan penelitian yang revisi itu baik untuk pkm maupun penelitian itu seperti apa.”

Selain dari kegiatan workshop ini, sejumlah agenda juga telah disiapkan oleh LPPM UNITRI untuk mengingkatkan penelitian dosen UNITRI. Seperti misalnya sosialisasi hasil workshop, sosialisasi sertifikasi metodologi penelitian, hingga sosialisasi penelitian akan banyak diadakan untuk lebih meningkatkan wawasan penelitian dosen.

“Kami tidak bekerja sendiri. Ada bagian Pusdiwasbang , Pusat Studi Pendidikan, Pusat Studi Kesehatan masyarakat, Pusat Studi kedaulatan pangan  dan lingkungan, juga Pusat Studi Energi Terbarukan. Itu semua lewat LPPM dan ada juga bagian Penerbitan dan Jurnal Ilmiah. Jadi target kita adalah meningkatkan kualitas.” Imbuhnya kepada humas. (HUMAS)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *